Gabungan (Comprehensive)

Adalah pertanggungan yang menjamin kerugian akibat dari kecelakaan besar dan kecil atau kehilangan karena dicuri.

TLO (Total Lost Only)

Adalah pertanggungan yang menjamin kerugian akibat dari kecelakaan dengan minimum kerusakan ≥75% dari harga pertanggungan atau kehilangan karena dicuri.

Prosedur Klaim (TLO)

  1. Konsumen melaporkan Klaim ke Cabang BCA MF, maksimal dalam waktu 5 x 24 jam (5 hari kalender) sejak terjadi kehilangan.
  2. Tertanggung melengkapi dokumen klaim sebagai berikut :
    • Formulir Klaim Asuransi (Diisi oleh konsumen pada saat pelaporan di BCA MF)
    • STNK Asli kendaraan
    • Kunci asli kendaraan
    • Copy SIM C saat terjadi kehilangan (yang masih berlaku)
    • Copy KTP Tertanggung
    • Copy KTP Pelapor atau KTP pengemudi terakhir
    • Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian
    • Surat Sita STNK dan kunci (STT), jika STNK dan kunci disita pihak kepolisian.
  3. Berkas yang telah dilengkapi oleh konsumen akan diteruskan ke maskapai asuransi dan pihak asuransi akan melakukan proses survey untuk mengetahui kronologis kejadian kehilangan dan akan memberitahukan hasil akhir klaim kepada BCA MF.

Prosedur Klaim (COMPREHENSIVE)

  1. Konsumen melaporkan Klaim ke Cabang BCA MF atau Claim Center Maskapai Asuransi, maksimal dalam waktu 5 x 24 jam (5 hari kalender) sejak terjadinya kecelakaan atau kehilangan sebagian (Partial Loss).
  2. Tertanggung melengkapi dokumen klaim sebagai berikut :
    • Formulir Klaim Asuransi (Diisi di BCA MF atau Saat Survey)
    • Copy STNK kendaraan
    • Copy SIM C pengemudi saat terjadi kecelakaan (yang masih berlaku)
    • KTP Tertanggung atau Surat Kuasa atau Stempel Perusahaan (konsumen badan usaha)
    • STPL dari kepolisian jika ada perbuatan kejahatan, pencurian, kecelakaan berat dan bila diperlukan oleh pihak asuransi
  3. Asuransi akan mengirimkan surveyor maksimal 2 hari kerja untuk melakukan survey di rumah atau tempat kerja Tertanggung (tidak diperkenankan survey di bengkel).
  4. Tertanggung dapat memilih sendiri bengkel yang diinginkan namun pihak bengkel yang ditunjuk perlu memberikan estimasi total biaya perbaikan terlebih dahulu, dan setelah maskapai asuransi menyetujui estimasi biaya tersebut maka diterbitkan SPK untuk segera dilakukan perbaikan.
  5. Resiko sendiri (OR) dibayarkan oleh tertanggung kepada pihak bengkel sebelum kendaraan diserahkan oleh pihak bengkel.

Tindakan Tertanggung

Apabila kendaraan tidak dapat dijalankan setelah mengalami kecelakaan:

  1. Tertanggung harus segera lakukan pengamanan sementara terhadap kendaraan tersebut.
  2. Kendaraan tidak boleh ditinggalkan tanpa adanya pengamanan yang cukup.
  3. Tertanggung harus informasikan kondisi dan posisi kendaraannya pada saat klaim dilaporkan oleh tertanggung.
  4. Tidak boleh melakukan perbaikan/ penggantian sebelum mendapatkan persetujuan dari penanggung (Maskapai Asuransi).
Apabila tertanggung tidak melakukan hal diatas, semua kerugian yang terjadi tidak akan diganti.

 

rekanan maskapai asuransi

Asuransi Umum BCA (BCAI) - (021) 1500 888
Asuransi Raksa Pratikara (ARP) - (021) 722 6865
Pan Pacific Insurance (PPI) - (021) 809 8000
Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) - (021) 297 45 999
CHUBB General Insurance Indonesia (CGII) - (021) 1500 257
Asuransi Sinar Mas (ASM) - (021) 235 67 888
Asuransi Jiwa BCA (BCA LIFE) - (021) 1500 888